Tips Cara Menguatkan Otot Pada Tubuh Kita

Tips Cara Menguatkan Otot Pada Tubuh Kita

Tips Cara Menguatkan Otot Pada Tubuh Kita - Saat ini banyak cara untuk meningkatkan massa otot, namun hanya 10 yang penting. Dengan kata lain program ini bisa menjamin suksesnya program Anda dalam membangun otot yang optimal. Memang, tubuh kita perlu otot yang kuat. Dengan otot yang kuat, segala aktivitas dapat kita lalui dengan mudah. Apalagi, bagi pesepak bola, olahragawan, atlet-atlet dan sebagainya itu sangat butuh yang namanya otot kuat dan tangguh. Berikut ini saya beri tips-tips nya.

1. Latihan beban

Latihan beban biasanya menggunakan alat dengan tingkat variasi yang berbeda. Kekuatan dan daya tahan otot dapat dibentuk melalui mekanisme “free weights” seperti menggunakan barbell atau dumbbell, mesin fitness baik dengan menggunakan kabel dan katrol untuk membantu mengangkat beban.
Untuk membesarkan otot, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah dengan melatih otot dengan beban yang “berat”. Berat disini adalah jumlah beban yang menantang (mampu diangkat). Atau dengan kata lain maksimum bisa melakukan pengulangan atau repetisi 4-8 kali. Untuk peningkatan massa otot, mengangkat beban yang ringan (jika kita mampu mengangkat 10-15 repetisi) tidak dianjurkan. Dengan beban berat dan repetisi yang rendah akan membuat tekanan lebih pada otot dan memberikan stimulasi lebih ke serabut otot (muscle fibers); serabut otot berkembang akan menyebabkan pertumbuhan massa otot.

2. Makan makanan berkalori lebih banyak

Peningkatan massa otot secara tidak langsung akan meningkatkan berat badan. Dengan demikian, Anda harus merubah pola makan. Jika Anda tidak makan cukup kalori, berat badan anda tidak akan pernah bertambah, apapun yang anda lakukan. Untuk membangun otot, anda harus memakan kalori lebih banyak daripada yang dibakar oleh tubuh (surplus kalori). Kalori ekstra dibutuhkan untuk memperbaiki serat otot yang rusak akibat latihan dan membangun serat baru.
Makan, tentu saja tidak berarti makan apa saja. Semua kalori tidak sama untuk tiap makanan. Misal jika kita membutuhkan 2000 kalori perhari untuk meningkatkan massa otot, bukan berarti kita makan 4 kantong keripik kentang…..Tidak seperti itu. Nutrisi yang tepat sangat penting untuk membangun otot.

3. Makan protein lebih banyak

Tanpa protein, tubuh kita tidak akan bisa membangun otot. Karbohidrat digunakan sebagai energi untuk tubuh, sedangkan protein menyediakan asam amino yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki serat otot. Untuk pertumbuhan otot, karbohidrat tidak sepenting protein dan lemak. Latihan yang intensif membutuhkan asam amino yang lebih tinggi. Untuk membangun otot, paling tidak kita harus mengkonsumsi 2gram protein per-kilogram berat badan.

4. Makan lebih sering

Untuk meningkatkan berat badan, kita harus makan sejumlah kalori. Makan sering dengan jumlah yang cukup lebih baik dari pada makan sedikit tapi berjumlah besar. Makan jumlah besar berdampak pada penumpukan lemak di tubuh.
Teknik yang baik digunakan adalah mengurangi ukuran makan dan meningkatkan frekuensi makan. Membagi kalori dalam jumlah yang sedikit melalui porsi yang sedikit akan mengakibatkan penyerapan makanan dan pemanfaatan nutrien menjadi lebih optimal.

5. Makan lebih banyak lemak

Untuk mendukung pertumbuhan massa otot, lemak yang dimakan harus kategori rendah lemak (low fat). Banyak orang berpikir makan lemak akan membuat tubuh kita berlemak. Pandangan tersebut adalah salah….

Lemak yang harus dihindari adalah lemak jenuh yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Yang harus ditingkatkan adalah lemak tak jenuh atau Essential Fatty Acids (EFAs). EFA akan membantu peningkatan produksi testosterone, mencegah otot rusak, membantu meningkatkan level HDL (kolesterol baik) dan membantu produksi hormon lainnya.

6. Minum air lebih banyak

Agar otot tidak dehidrasi, kita harus banyak minum air. Jika kita latihan terlalu keras potensi dehidrasi sangat mungkin terjadi. Jika terjadi dehidrasi maka otot membutuhkan waktu lebih lama untuk perbaikan.
Dengan minum air yang cukup, tidak hanya peredaran darah yang lancar tetapi juga membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Protein menciptakan proses metabolisme dan membuangnya dalam bentuk cairan. Tanpa air yang cukup, ginjal juga tidak mampu bekerja efisien mengeluarkan air tersebut.

7. Mengkonsumsi Multi-Vitamin

Vitamin bukanlah hal yang utama. Vitamin adalah suplemen. Sebaiknya konsumsi vitamin yang tidak mampu diproduksi oleh tubuh.

Banyak pabrikan yang menambahkan segala unsur dalam merk vitaminnya. Hal ini tidak penting karena multivitamin yang dibutuhkan (minimum) hanya vitamin A, B-kompleks, C, D, E, K dan mineral (kalsium, magnesium, zinc, iodine, selenium, dan besi). Kaum pria sebaiknya menghindari vitamin yang mengandung besi (iron). Besi dibutuhkan untuk wanita yang sedang masa menstruasi.

8. Mengkonsumsi Antioxidants

Antioksidan seperti vitamin A, C, E, Glutathione, Glutamine dan Selenium adalah penting untuk menjaga tubuh kita dari radikal bebas.

9. Istirahat lebih banyak.

Jika kita tidak istirahat maka otot kita tidak akan tumbuh. Otot tumbuh bukan di tempat fitness melainkan sewaktu kita tidur (istirahat).

10. Lakukan dengan Konsisten

OK, jika kita ingin mengetahui kunci untuk peningkatan massa otot dengan cepat??? Jawabannya adalah KONSISTEN

Anda bisa melakukan diet, latihan beban dengan instruktur yang berpengalaman, jadwal yang lengkap, alat yang canggih tapi jika tidak konsisten…semua tidak ada artinya

Tips Cara Memperbesar Otot Tubuh Dada dan Paha

Tips cara memperbesar otot tubuh dada dan paha ini sebenarnya merupakan rahasia tersembunyi Ade Rai sang Hulk Indonesia dan Arnold Arnold Schwarzenegger si Terminator Hollywood.


Sebenarnya latihan fitness di pusat kebugaran bertujuan untuk membuat badan senantiasa sehat dan fit. Selain itu diharapkan stamina dan tenaga juga semakin bertambah sehingga terlihat segar sepanjang hari. Badan kekar dan tubuh penuh otot merupakan bonus khusus karena tubuh telah dipacu melewati batas tertentu sehingga massa otot membesar dan terlihat gagah.

Walaupun tidak semua wanita menyukai badan berorot seperti Kang Ade atau Mas Arnold Swasanasegar, namun saya yakin tidak sedikit pria rajin datang ke Gym untuk membuat body alias tubuhnya bertambah macho.



Nah bagi sahabat yang pingin tahu tips cara memperbesar otot tubuh dada paha hidung telinga dan bagian lainnya, simak rahasia para body builder berikut ini.



Mau Otot Besar? Ini Dia Makanannya
Banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk bisa membentuk badannya menjadi lebih berotot, salah satunya adalah dengan melakukan fitness di pusat kebugaran. Tapi ternyata untuk bisa membuat badan berotot dibutuhkan beberapa makanan dan minuman yang sangat membantu dalam proses pembentukkan otot tersebut. Mau tahu makanan dan minuman apa saja yang bisa membantu membentuk otot menjadi lebih sempurna?

Selama ini orang mengatakan bahwa bayam adalah makanan yang paling baik untuk membentuk otot. Bayam merupakan bahan bakar otot, karena mampu meningkatkan sintesis protein hingga mencapai 120 persen sehingga jaringan otot mampu memperbaiki dirinya sendiri. Namun, bayam tidak bisa membuat seseorang menjadi lebih langsing dan seksi.

Makanan yang bagus untuk membantu program fitnes adalah makanan yang bisa membakar lemak, membentuk otot dan membantu membuat kardiovaskular seseorang menjadi lebih sehat.

Ini dia makanan dan minuman yang baik untuk mendukung program fitnes sobat, seperti dikutip dari MSN tahun 2009.

Nanas dan Pepaya
Bagus untuk penyembuhan otot. Kedua buah tropikal ini mengandung bromelain dan papain, yaitu enzim yang tidak hanya membantu memecah protein untuk proses pencernaan tapi juga memiliki zat anti-peradangan yang bisa memulihkan otot setelah melakukan olahraga.

Salmon
Baik untuk kebugaran kardiovaskular. Peneliti Australia menemukan bahwa asam lemak yang terdapat pada minyak ikan penting dalam menjaga kebugaran jantung, karena akan memiliki efek setelah masuk ke dalam sel jantung. Konsumsilah minyak ikan dalam bentuk kapsul atau makan ikan yang kaya akan asam lemak beberapa kali dalam seminggu.

Butter kacang & jeli atau pasta dengan saus daging
Baik untuk membangun otot dan memperbaikinya. Setelah melakukan latihan makanan yang sempurna adalah yang memiliki berat 400 kalori, 20 sampai dengan 30 gram protein (untuk membangun otot baru) dan 50 sampai 65 gram karbohidrat (untuk memperbaiki otot yang lama). Dan makanan tersebut cocok untuk formula seperti itu.

Air dingin
Baik sebagai daya tahan. Mengkonsumsi air dingin sebelum dan selama latihan dapat membantu meningkatkan daya tahan. Selain itu mengkonsumsi air dingin merupakan cara yang paling langsung untuk bisa mengurangi inti suhu tubuh.

Mengonsumsi susu coklat
Baik untuk menjaga tubuh tetap hidrasi. Minuman yang terbaik setelah olahraga adalah susu. Peneliti di Inggris menemukan bahwa susu bekerja lebih baik dibandingkan dengan air putih atau minuman olahraga untuk mengembalikan tubuh tetap hidrasi setelah berolahraga, karena susu mengandung elektrolit potassium. Penambahan coklat pada susu akan semakin sempurna untuk memberikan keseimbangan protein, lemak dan mempercepat dalam proses pemulihan otot.

Enter your email address to get update from Fathoni16.
Print PDF

2 komentar Tambahkan komentar

dulu sih ane setuju gan dengan postingan ini, tapi semenjak ada OCD, huahahaha,, tips ini mesti di update lagi gan,, keep posting :D

Balas

Dilarang menyertakan link aktif, iklan, ataupun titip link dalam berkomentar di Blog Fathoni16. Silahkan berkomentar tanpa ada kata-kata kotor.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih telah berkomentar