Menulis Teks Pidato Dengan Benar

Menulis Teks Pidato Dengan Benar

Menulis Teks Pidato Dengan Benar - Hai sobat. pada postingan ini, saya mencoba memberikan sedikit pengetahuan tentang pidato, baik cara membuatnya, unsur-unsurnya maupun cara membacanya.

Pidato adalah pengungkapan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Langkah-langkah menyusun pidato.
  1. Menentukan Tujuan Pidato. Tujuan pidato bermacam-macam, antara lain untuk memotivasi, melakukan tindakan, memberitahukan (instruktif), menghibur (rekreatif), atau membujuk pendengar (persuasif).
  2. Menganalisis Pendengar. Menganalisis pendengar ini didasarkan pada tingkat usia, pendidikannya dan pekerjaanya.
  3. Menyusun Kerangka Pidato. Untuk menyampaikan suatu masalah, kerangka pidato harus dibuat dengan urutan berdasarkan penyelesaian masalah.
Berikut ini susunan pidato pada umumnya.
  • Salam Pembuka, berisi sapaan kepada yang hadir dalam acara tersebut dimulai dari yang paling tinggi kedudukannya hingga yang paling rendah secara berurutan.
  • Pendahuluan, berisi ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dengan serta menyebutkan topik pidato yang akan disampaikan.
  • Isi Pokok, berisi inti dari pidato tersebut.
  • Simpulan, berisi kesimpulan dari inti pidato tersebut.
  • Harapan-harapan, berisi dampak positif yang diharapkan terjadi pada pendengar pidato setelah mendengarkan pidato tersebut.
  • Penutup, berisi ucapan terima kasih, meminta maaf dan salam penutup.
Ada empat macam metode/teknik dalam berpidato, antara lain :
  1. Metode Impromtu (Serta Merta). Pada metode ini pembicara berpidato berdasarkan pengetahuan dan kemahirannya tanpa persiapan sama sekali. Jadi, ia berpidato secara serta merta.
  2. Metode Ekstemporan (Tanpa Persiapan Naskah). Pada metode ini dalam berpidato pembicara membawa catatan-catatan penting yang sekaligus menjadi urutan dalam uraiannya.
  3. Metode Menghafal. Pada metode ini sebelum berpidato membacakan naskah yang disusunnya terlebih dahulu.
  4. Metode Naskah. Pada metode ini pembicara saat berpidato membacakan naskah yang telah disusunnya terlebih dahulu. Naskah-naskah pidato itu mempunyai susunan yang sama. Perbedaan antara naskah pidato yang satu dengan yang lain terletak pada isi pokoknya.
Berikut ini hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam sebuah pidato.
  • Topik pidato
  • Permasalahan yang diuraikan dalam pidato
  • Sebab-sebab timbulnya permasalahan
  • Solusi yang diberikan pembicara
Enter your email address to get update from Fathoni16.
Print PDF

Dilarang menyertakan link aktif, iklan, ataupun titip link dalam berkomentar di Blog Fathoni16. Silahkan berkomentar tanpa ada kata-kata kotor.

Konversi KodeEmoticon