1.Turbo
Timer yaitu sebuah alat yang berfungsi sebagai alat pengaman pada
kendaraan diesel yakni mencegah terjadinya dieseling, alat ini akan mematikan
mesin sesuai dengan waktu yang telah di set pada layar turbotimer,jadi meskipun
KK sudah of tapi timernya belum habis mesin tidak akan mati.
2.Radiator merupakan
salah satu bagian tepenting dalam sistim pendinginan mesin, radiator berfungsi
sebagai tangki penyimpanan cairan pendingin yang memiliki tabung dan sirip-sirip
untuk menyalurkan panas cairan pendingin mesin pada aliran udara yang lewat.
3.Karburator merupakan
salah satu komponen terpenting dalam suatu kendaraan atau mesin bakar khususnya
pada sistim BB yang belum injeksi,karena karburator memiliki beberapa fungsi
penting diantaranya:
a). Membentuk campuran bahan
bakar/udara serta mengatur jumlah campuran yang diisap motor Agar campuran
bensin + udara sesuai
b).
Mencampur bensin dan udara sehingga terjadi pengabutan yang halus
c). Membentuk
perbadingan campuran yang sesuai sehingga mengakibatkan daya motor tinggi dan
pemakaian bahan bakar irit.
Karburator memiliki Beberapa komponen vital diantaranya sebagai berikut:
1. katup buang pompa
percepatan 5.
Katup pengaya
2. Katup isap pompa
percepatan 6.
Jet pengaya
3. Jet idle &
perpindahan 7.
Jet utama tingkat I
4. Torak pengatur katup
pengaya 8.
Jet utama tingkaat II
4.Pompa Bahan Bakar merupakan salah satu komponen dalam sistim bahan bakar yang berfungsi
menyalurkan bahan bakar dari tangki ke karburator dengan cara menghisap dan
menekan bahan bakar , pompa bahan bakar dipakai pada kendaraan yang mempunyai
kedudukan tangki dibawah mesin, pompa bahan bakar dibagi menjadi 2 :
a) Pompa mekanik : Pompa yang digerakkan oleh
poros camp yang digerakkan disamping blok silinder.
b) Pompa listrik : pompa yang digerakkan adanya
aliran arus listrik pada pompa tersebut yang ditempatkan terpisah dari blok
silinder dan didekat tangki bahan bakar.
5.Transmisi merupakan komponen pada kendaraan yang
berfungsi sebagai pengatur cepat atau lambatnya laju kendaraan sesuai beban
mesin. Selain itu transmisi juga berfungsi sebagai berikut:
a)
Memperbesar momen
b)
Memungkinkan kendaraan berhenti
dengan mesin hidup
c)
Memungkinkan kendaraan berjalan
mundur
d)
Meneruskan tenaga putare dari
kopling ke propeller
Dari 4 pernyataaan diatas dapat kitasimpulkan bahwa transmisi berfungsi sebagai peenyedia ger ratio untuk mengatur kecepatan dan moment tenaga putar mesin dan diteruskan ke roda sesuai kondisi jalan,kecepatan dan beban kendaraan.
6. Filter Oli merupakan suatu
komponen pada sistim pelumasan mesin yang berfungsi untuk menyaring oli pada
mesin.
7.EVAP (Evaporative Control System) merupakan control system berfungsi mencegah pengeluaran uap
bensin yang berlebihan dan semaksimal mungkin dapat dimanfaatkan untuk
pembakaran kembali. Pada saat kendaraan berjalan atau temperature udara tinggi,
maka bensin di dalam tanki akan menguap. Uap bensin tersebut dapat menekan
pressure control valve, sehingga uap terhisap oleh canister.
8.EGR
(Exhaust Gas Recirculating) system berfungsi untuk mengontrol pembentukan
gas NOx pada gas buang. NOx terbentuk karena meningkatnya temperature pada
ruang bakar. EGR system bekerja untuk mengalirkan kembali gas buang ke ruang
bakar melalui intake manifold, untuk memperkurus campuran udara bensin sehingga
temperature ruang bakar akan turun dan pembentukan gas NOx dapat dicegah.
9. Catalytic Converter, Catalist
adalah suatu zat yang menimbulkan reaksi kimia yang zat itu sendiri tidak
berubah bentuk maupun beratnya. Sebagai contoh apabila HC,CO dan NOx dipanaskan
dengan oksigen sampai 500o C, tidak terjadi reaksi kimia. Akan
tetapi apabila pemanasan tersebut berlangsung di catalyst maka akan terjadi
reaksi kimia dan gas ini berubah menjadi CO2,H2O dan N2
yang tidak berbahaya. Ada 3 system catalytic converter, yaitu :
•
System
Oxidation Catalyst (OC) Di dalam CCO (Catalytic Converter for Oxidation), CO dan HC
direaksikan dengan oksigen untuk membentuk CO2 dan H2O
yang tidak berpolusi.
2CO + O2 2CO2
4HC + 5O2 4CO2 + 2H2O
agar oksidasi bekerja dengan efisien, maka
harus ada kelebihan oksigen pada exhaust manifold. Oleh karena itu harus ada
udara murni yang di masukkan ke converter. Akan tetapi karena hanya mengurangi
sedikit NOx, gas buang harus
diresirkulasikan melalui system EGR.
•
System
Three-Way Catalyst (TWC), type ini
merupakan yang paling ideal dari semua type catalytic converter. Karena tidak
hanya CO dan HC saja yang dirubah menjadi zat non pulosi tetapi juga NOx. NO
dan O2 sebagai komponen oksidasi (yang menyebabkan terbakar), dan CO
dan HC sebagai komponen yang berkurang (terbakar) bereaksi sesuai dengan
persamaan umum seperti di bawah ini dan membentuk komponen netral (inactive) N2,
H2O dan CO2.
•
System
Three-Way Catalyst dan Oxidation Catalyst (TWC-OC) system ini
digunakan pada system emission control dengan system oxidation catalyst dan
three way catalyst untuk lebih banyak mengurangi polusi udara. System ini
merupakan kombinasi dari 2 sistem yang sudah dibahas sebelumnya.
10.CVT (Countinuesly Variable Transmisi) yakni merupakan salah satu type transmisi terbaru saat ini yang
memanfaatkan gaya sentriugal, cara kerja sistim ini adalah dengan cara Gaya sentrifugal yang disebabkan putaran
mesin,akan melemparkan sepatu kopling dan terhubung dengan rumah kopling. Rumah
kopling memutarkan roda belakang melalui reduction gear.
11.Pompa Air, berupa pompa
mekanis yang digerakkan oleh mesin dan digunakan untukuntuk mengatur sirkulasi
cairan pendingin yang mengalir melalui mesin unit pemanaspa dan radiator,alat ini merupakan alat vital
pada sistim pendingin , karena apabila alat ini rusak dapat terjadi overheating
pada engine.
12.Power
Steering merupakan perangkat tambahan pada sistim kemudi kendaraan bermotor
dengan tujuan meringankan pengemudi saat belok/ mengurangi tenaga pengemudi
untuk memutar roda kemudi. Power steering hanya berfungsi saat mesin menyala
dikarenakan power steering bekerja berdasarkan mesin.
13.Ban merupakan sistim penting dalam kendaraan
bermotor yang langsung berhubungan dangan roda. Dan berfu,ngsi menjamin
kendaraan berjalan dengan aman dan nyaman dengan mengurangi hambatan2 gelinding
roda.
14.Suspensi merupakan
salah satu komponen dalam kendaraan bermotor yang menghubungkan body kendaraan
dengan roda-roda yang berfungsi:
a) Menyerap
berbagai macam getaran,oksilasi,dan kejutan yang diterima kendaraan akibat
kondisi jalan yang tidak rata.
b) Menopang
body pada poros-poros dan menjaga hubungan geometris yang dihubungkan dengan
body dan roda-roda.
c)
meneruskan gaya pengereman yang diakibatkan pergesekan roda2 dengan permukaan
jaln ke chassis dan body.
15.ISC atau Idle Speed Control adalah suatu komponen pada sistim BB injeksi yang dipasang pada
bagian body throttle yang berfungsi untuk mengatur putaran idle sesuai dengan
perintah yang dikeluarkan oleh ECU. Komponen ini merupakan komponen penting
npada sistim BB injeksi .
16.Mengelas yakni
menyambung 2 bagian atau lebih logam secara permanen(mati/tetap)dengan cara
melelehkan ke2 permukaan yang dilas melalui tenaga panasbaik dengan bahan
pengisi atau tidak.Sambungan tersebut bersifat mati karena sambungan tersebut
tdk dapat dilepaas sewaktu waktutanpa merusak bagian yang disambungkan.
17.Throotle Valvet yakni valve yang berfungsi untuk mengatur rpm
mesin , mesin akan berputar sesuai lebarnya throotle membuka apabila valve
membuka semakin lebar maka udara yang masuk ke venture semakin banyak dan bahan
bakar yang masuk semakin banyak akibatnya putaran mesin semakin tinggi.
18.Porros Propeler adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk meneruskan putaran
mesin yang melalui roda gila diterusjkan ke unit kopling kemudian ke unit
transmisi dan diterima propeller untuk diteruskan ke poros garden dan
diteruskan ke roda. Dengan demikian komponen ini merupakan komponen penting
dalam sutu kendaraan yang menggunakan transmisi type mesin depan penggerak
belakang atau mesin belakang penggerak depan.
19.SumbatWelsh (Welsh Plug), Sumbat yang dipasang pada lubang-lubang masuk pada blok mesin dan kepala silinder sebagai penyekat luar bagi mantel air(water jacket).Komponen ini biasanya terbuar dari baja lunak atau kuningan. Welsh Plug yang terbuat dari baja lunak dapat berkarat dikarenakan oleh elektrolisis dan airdan jika berkarat dan bocor maka perlu diganti.Sumbat wels dibagi menjadi 2 jenis yakni gelas dan piringan.
20.Coupling Fluid atau
Kopling fluida yakni merupakan salah satu komponen penting dalam sistim
pendingin kopling ini merupakan kopling jenis thermatik yang peka terhadap temperature
dan memiliki kecepatan yang variable. Kopling ini berfungsi untuk mengontrol
kecepatan pengendalian /gerakan kipas yang digerakkan oleh mesin sehingga udara
yang mengalir melalui radiator untuk pendinginan dapat diatur.
Fathoni16
Fathoni16
Dilarang menyertakan link aktif, iklan, ataupun titip link dalam berkomentar di Blog Fathoni16. Silahkan berkomentar tanpa ada kata-kata kotor.
Konversi KodeEmoticon