Istilah - Istilah Dalam Dunia Otomotif

1.Turbo Timer yaitu sebuah alat yang berfungsi sebagai alat pengaman pada kendaraan diesel yakni mencegah terjadinya dieseling, alat ini akan mematikan mesin sesuai dengan waktu yang telah di set pada layar turbotimer,jadi meskipun KK sudah of tapi timernya belum habis mesin tidak akan mati.  
   
2.Radiator merupakan salah satu bagian tepenting dalam sistim pendinginan mesin, radiator berfungsi sebagai tangki penyimpanan cairan pendingin yang memiliki tabung dan sirip-sirip untuk menyalurkan panas cairan pendingin mesin pada aliran udara yang lewat.                 

3.Karburator merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu kendaraan atau mesin bakar khususnya pada sistim BB yang belum injeksi,karena karburator memiliki beberapa fungsi penting diantaranya:
a). Membentuk campuran bahan bakar/udara serta mengatur jumlah campuran yang diisap motor Agar campuran bensin + udara sesuai
b). Mencampur bensin dan udara sehingga terjadi pengabutan yang halus
c). Membentuk perbadingan campuran yang sesuai sehingga mengakibatkan daya motor tinggi dan pemakaian bahan bakar irit.
     
Karburator memiliki Beberapa komponen vital diantaranya sebagai berikut:
1. katup buang pompa percepatan                                          5. Katup pengaya
2. Katup isap pompa percepatan                                              6. Jet pengaya
3. Jet idle & perpindahan                                                             7. Jet utama tingkat I
4. Torak pengatur katup pengaya                                            8. Jet utama tingkaat II

4.Pompa Bahan Bakar merupakan salah satu komponen dalam sistim bahan bakar yang berfungsi menyalurkan bahan bakar dari tangki ke karburator dengan cara menghisap dan menekan bahan bakar , pompa bahan bakar dipakai pada kendaraan yang mempunyai kedudukan tangki dibawah mesin, pompa bahan bakar dibagi menjadi 2 :
a)     Pompa mekanik : Pompa yang digerakkan oleh poros camp yang digerakkan disamping blok silinder.
b)     Pompa listrik : pompa yang digerakkan adanya aliran arus listrik pada pompa tersebut yang ditempatkan terpisah dari blok silinder dan didekat tangki bahan bakar.

5.Transmisi merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai pengatur cepat atau lambatnya laju kendaraan sesuai beban mesin. Selain itu transmisi juga berfungsi sebagai berikut:
a)     Memperbesar momen
b)     Memungkinkan kendaraan berhenti dengan mesin hidup
c)      Memungkinkan kendaraan berjalan mundur
d)     Meneruskan tenaga putare dari kopling ke propeller
    
Dari 4 pernyataaan diatas dapat kitasimpulkan bahwa transmisi berfungsi sebagai peenyedia ger ratio untuk mengatur kecepatan dan moment tenaga putar mesin dan diteruskan ke roda sesuai kondisi jalan,kecepatan dan beban kendaraan.     

6. Filter Oli merupakan suatu komponen pada sistim pelumasan mesin yang berfungsi untuk menyaring oli pada mesin.

7.EVAP (Evaporative Control System) merupakan control system berfungsi mencegah pengeluaran uap bensin yang berlebihan dan semaksimal mungkin dapat dimanfaatkan untuk pembakaran kembali. Pada saat kendaraan berjalan atau temperature udara tinggi, maka bensin di dalam tanki akan menguap. Uap bensin tersebut dapat menekan pressure control valve, sehingga uap terhisap oleh canister.

8.EGR (Exhaust Gas Recirculating) system berfungsi untuk mengontrol pembentukan gas NOx pada gas buang. NOx terbentuk karena meningkatnya temperature pada ruang bakar. EGR system bekerja untuk mengalirkan kembali gas buang ke ruang bakar melalui intake manifold, untuk memperkurus campuran udara bensin sehingga temperature ruang bakar akan turun dan pembentukan gas NOx dapat dicegah.

9. Catalytic Converter, Catalist adalah suatu zat yang menimbulkan reaksi kimia yang zat itu sendiri tidak berubah bentuk maupun beratnya. Sebagai contoh apabila HC,CO dan NOx dipanaskan dengan oksigen sampai 500o C, tidak terjadi reaksi kimia. Akan tetapi apabila pemanasan tersebut berlangsung di catalyst maka akan terjadi reaksi kimia dan gas ini berubah menjadi CO2,H2O dan N2 yang tidak berbahaya. Ada 3 system catalytic converter, yaitu :

         System Oxidation Catalyst (OC) Di dalam CCO (Catalytic Converter for Oxidation), CO dan HC direaksikan dengan oksigen untuk membentuk CO2 dan H2O yang tidak berpolusi.
2CO + O2         2CO2
4HC + 5O2              4CO2 + 2H2O
agar oksidasi bekerja dengan efisien, maka harus ada kelebihan oksigen pada exhaust manifold. Oleh karena itu harus ada udara murni yang di masukkan ke converter. Akan tetapi karena hanya mengurangi sedikit  NOx, gas buang harus diresirkulasikan melalui system EGR.

         System Three-Way Catalyst (TWC),  type ini merupakan yang paling ideal dari semua type catalytic converter. Karena tidak hanya CO dan HC saja yang dirubah menjadi zat non pulosi tetapi juga NOx. NO dan O2 sebagai komponen oksidasi (yang menyebabkan terbakar), dan CO dan HC sebagai komponen yang berkurang (terbakar) bereaksi sesuai dengan persamaan umum seperti di bawah ini dan membentuk komponen netral (inactive) N2, H2O dan CO2.

         System Three-Way Catalyst dan Oxidation Catalyst (TWC-OC) system ini digunakan pada system emission control dengan system oxidation catalyst dan three way catalyst untuk lebih banyak mengurangi polusi udara. System ini merupakan kombinasi dari 2 sistem yang sudah dibahas sebelumnya.

10.CVT (Countinuesly Variable Transmisi) yakni merupakan salah satu type transmisi terbaru saat ini yang memanfaatkan gaya sentriugal, cara kerja sistim ini adalah dengan cara Gaya sentrifugal yang disebabkan putaran mesin,akan melemparkan sepatu kopling dan terhubung dengan rumah kopling. Rumah kopling memutarkan roda belakang melalui reduction gear.

11.Pompa Air, berupa pompa mekanis yang digerakkan oleh mesin dan digunakan untukuntuk mengatur sirkulasi cairan pendingin yang mengalir melalui mesin unit pemanaspa  dan radiator,alat ini merupakan alat vital pada sistim pendingin , karena apabila alat ini rusak dapat terjadi overheating pada engine.

12.Power Steering merupakan perangkat tambahan pada sistim kemudi kendaraan bermotor dengan tujuan meringankan pengemudi saat belok/ mengurangi tenaga pengemudi untuk memutar roda kemudi. Power steering hanya berfungsi saat mesin menyala dikarenakan power steering bekerja berdasarkan mesin.

13.Ban  merupakan sistim penting dalam kendaraan bermotor yang langsung berhubungan dangan roda. Dan berfu,ngsi menjamin kendaraan berjalan dengan aman dan nyaman dengan mengurangi hambatan2 gelinding roda.

14.Suspensi merupakan salah satu komponen dalam kendaraan bermotor yang menghubungkan body kendaraan dengan roda-roda yang berfungsi:
a) Menyerap berbagai macam getaran,oksilasi,dan kejutan yang diterima kendaraan akibat kondisi jalan yang tidak rata.
b) Menopang body pada poros-poros dan menjaga hubungan geometris yang dihubungkan dengan body dan roda-roda.
c) meneruskan gaya pengereman yang diakibatkan pergesekan roda2 dengan permukaan jaln ke chassis dan body.

15.ISC atau Idle Speed Control adalah suatu komponen pada sistim BB injeksi yang dipasang pada bagian body throttle yang berfungsi untuk mengatur putaran idle sesuai dengan perintah yang dikeluarkan oleh ECU. Komponen ini merupakan komponen penting npada sistim BB injeksi .

16.Mengelas yakni menyambung 2 bagian atau lebih logam secara permanen(mati/tetap)dengan cara melelehkan ke2 permukaan yang dilas melalui tenaga panasbaik dengan bahan pengisi atau tidak.Sambungan tersebut bersifat mati karena sambungan tersebut tdk dapat dilepaas sewaktu waktutanpa merusak bagian yang disambungkan.

17.Throotle Valvet yakni valve yang berfungsi untuk mengatur rpm mesin , mesin akan berputar sesuai lebarnya throotle membuka apabila valve membuka semakin lebar maka udara yang masuk ke venture semakin banyak dan bahan bakar yang masuk semakin banyak akibatnya putaran mesin semakin tinggi.

18.Porros Propeler adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk meneruskan putaran mesin yang melalui roda gila diterusjkan ke unit kopling kemudian ke unit transmisi dan diterima propeller untuk diteruskan ke poros garden dan diteruskan ke roda. Dengan demikian komponen ini merupakan komponen penting dalam sutu kendaraan yang menggunakan transmisi type mesin depan penggerak belakang atau mesin belakang penggerak depan.

19.SumbatWelsh (Welsh Plug), Sumbat yang dipasang pada lubang-lubang masuk pada blok mesin dan kepala silinder sebagai penyekat luar bagi mantel air(water jacket).Komponen ini biasanya terbuar dari baja lunak atau kuningan. Welsh Plug yang terbuat dari baja lunak dapat berkarat dikarenakan  oleh elektrolisis dan airdan jika berkarat dan bocor maka perlu diganti.Sumbat wels dibagi menjadi 2 jenis yakni gelas dan piringan.

20.Coupling Fluid atau Kopling fluida yakni merupakan salah satu komponen penting dalam sistim pendingin kopling ini merupakan kopling jenis thermatik yang peka terhadap temperature dan memiliki kecepatan yang variable. Kopling ini berfungsi untuk mengontrol kecepatan pengendalian /gerakan kipas yang digerakkan oleh mesin sehingga udara yang mengalir melalui radiator untuk pendinginan dapat diatur.

Fathoni16
Enter your email address to get update from Fathoni16.
Print PDF

Dilarang menyertakan link aktif, iklan, ataupun titip link dalam berkomentar di Blog Fathoni16. Silahkan berkomentar tanpa ada kata-kata kotor.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih telah berkomentar