Materi TIK Kelas 9

Materi TIK Kelas 9

Materi TIK Kelas 9 - Pada pembahasan kali ini, saya mendapat tugas dari sekolah untuk merangkum bab-bab yang bersangkutan tentang internet, intranet dan jaringan-jaringannya. Al hasil, tugas saya puns selesai. Tapi, tidak lengkap rasanya jika tidak membagikan ke sobat. Akhirnya, lebih baik saya share aja tugas saya ini sebagai referensi rangkuman.

INTERNET

1. Internet adalah sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas.

2. Istilah-istilah pada Dunia Internet

    a. World Wide Web adalah kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal di seluruh dunia.

    b. Electronic Mail adalah surat elektronik yang dikirim dan diterima melalui internet.

    c. Mailing List adalah suatu forum atau kelompok diskusi di Internet yang dapat saling bertukar informasi  antarsesama anggota

    d. News Group sebuah wadah atau tempat penyimpanan pesan yang di-posting oleh sekelompok orang           yang berada di tempat yang berbeda-beda di seluruh dunia

    e. Internet Relay Chat adalah program layanan untuk chatting di internet, yang merupakan suatu bentuk         komunikasi di internet yang dibuat dan digunakan untuk komunikasi  interpersonal terutama komunikasi kelompok yang bisa disebut channel (saluran).

    f.  File Transfer Protocol adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang           merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar  mesin- mesin dalam                             sebuah internetwork.

    g. TelNet adalah fasilitas untuk mengakses komputer yang terletak di tempat lain.

    h. Gopher adalah TCP / IP Application layer protokol yang didesain fasilitas untuk memudahkan                       pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung  protocol Gopher                    melalui internet. 

    i.  Ping adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan                             berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol  (TCP/IP).

    j.  Web adalah jaringan yang menampilkan data-data dan informasi lain melaui internet.

    k. Homepage adalah halaman muka sebuah web site, berisi link-link ke halaman yang lain dalam web site         yang sama atau web site lainnya.

    l.  ISP adalah perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet

    m. HTTP adalah salah satu protokol bahasa yang berfungsi untuk berkomunikasi antarserver komputer             dalam internet  

    n. BNC T-Konnektor adalah terminal segitiga untuk penghubung kabel koaksial RG-58 pada jaringan            komputer.

3.  ARPA adalah lembaga dibentuk pada tahun 1957 Dephan AS (DoD = Departement of Defense) sebagai tanggapan terhadap peluncuran Sputnik-nya Uni Sovyet.

    ARPANET  adalah  jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. 

4. Penemu simbol pertama kali simbol @ adalah Ray Tomlison. Simbol tersebut digunakan untuk mengidentifikasi alamat lembaga (address).

5. E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

6. Keuntungan bagi perusahaan antara lain :
     a. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
     b. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.

     Keuntungan bagi pelanggan antara lain : 
      a. Akses penuh 24 jam / 7 hari
          Konsumen dapat berbelanja atau mengolah bernagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo,  membuat pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya.

    b. Lebih banyak pilihan Konsumen tidak hanya memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih  banyak.

7. Internet Banking adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.

8. Keuntungan bagi bank 
     a. dapat mengurangi biaya untuk menggaji pegawai & sewa kantor.
   b. bank dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dari mana saja & kapan saja (asalkan ada internet)
    Keuntungan bagi nasabah : menghemat waktu ,karena tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi dan menghemat biaya ,karena biaya transportasi ke bank dapat dihilangkan.

9. Fungsi - fungsi Perangkat Jaringan Komputer

a. Komputer server , berfungsi sebagai penyedia data dan informasi yang akan diakses oleh client.
b. Komputer client, berfungsi sebagai pengakses internet, biasanya dipakai oleh pengguna.
c. Kartu Jaringan, berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer .
d. Hub, berfungsi sebagai pusat suatu jaringan.

e. Kabel berfungsi sebagai penghantar signal, arus listrik, dan data dari dan ke peralatan elektronik. Konektor, berfungsi sebagai alat penghubung antara satu peralatan dengan peralatan lainnya yang  di tancapkan pada port masing-masing peralatan.

f.  Repeater, berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN selajutnya dipancarkan kembali dengan keuatan yang sama dengan sinyal asli ke segmen kabel LAN yang lain.

g. Bridge, berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan terpisah.
h. Router, berfungsi untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan  lain.

10. Macam-Macam Topologi Jaringan

1. Topologi Bus, dihubungkan langsung mada media transimisi dengan konfigurasi seperti Bus. Yang unik,         pada topologi ini, penyambungan menggunakan T-Connector dan menggunakan kabel Koaxial.


   Topologi Bus
2. Topologi Star, Pada topologi ini setiap workstation dihubungkan ke alat pusat (konsentrator). Antara             workstation yang satu dengan lainnya tidak nyambung.
Topologi Star

3. Topologi Ring, Topologi ini berbentuk melingkar seperti cincin dan bisanya digunakan untuk jaringan pada  suatu kota.
Topologi Ring


4. Topologi MeshTopologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh atau Fully Connected Mesh, yaitu sebuah jaringan dimana setiap Node terhubung langsung ke semua Node            yang lain.
Topologi Mesh

5. Topologi Tree, Topologi ini merupakan gabungan berlanjut dari Topologi Star.
Topologi Tree

BLOG
Cara membuat Blog :
1. Pastikan anda sudah mempunyai akun Google yang bisa dimasukkan ke Blogger. Kalau memang sudah punya, tinggal masuk ke Blogger lalu sign in. Tetapi, kalau belum, segera registrasi terlebih dahulu di www.blogger.com. Kalau sudah tinggal login aja

2. Setelah itu, anda akan diajak masuk ke dashbord. Langsung saja, klik "Blog Baru" di sebelah kiri. Lalu, akan muncul 3 form yang harus diisi, antara lain:
   a. Judul Blog, isi judul blog sesuai selera anda
   b. Alamat Blog, pilih alamat url blog yang akan anda gunakan
   c. Template, pilih juga template untuk blog anda

3. Kalau sudah, klik Buat Blog. Proses pembuatan blog sudah selesai. 
4. Setelah itu, silakan anda memulai membuat postingan blog pertama anda. Tidak usah yang berat-berat. Ringan dan santai aja dulu isi postingannya. 

5. Terus, jika anda ingin merubah posisi unsur-unsur di blog, silahkan masuk ke Tata Letak
6. Untuk pengaturan, anda bisa masuk ke Setelan.
Enter your email address to get update from Fathoni16.
Print PDF

Dilarang menyertakan link aktif, iklan, ataupun titip link dalam berkomentar di Blog Fathoni16. Silahkan berkomentar tanpa ada kata-kata kotor.

Konversi KodeEmoticon