Cara Mencegah Terjadinya Duplikat Konten Pada Blog

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Duplikat Konten

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Duplikat Konten - Yang saya maksud dari duplikat konten ini adalah mencuri konten seseorang tanpa izin penulis, bahkan ada yang tanpa mencantumkan link sumbernya. Dulu, pada waktu saya masih newbie, saya juga pernah ngopas-ngopas artikel orang lain, tapi sekarang tidak. Saya sekarang sudah tobat. Kembali ke topik, cara ini adalah cara yang biasa saya gunakan dalam aktivitas nge-blogging saya sekarang. Memang, cara ini belum seratus persen maksimal, tapi cara ini diharapkan dapat mengusir si pencuri-pencuri konten di dunia maya ini. Ada tiga cara yang biasa saya terapkan :

1. Menggunakan Fitur Robots txt. khusus


Nah, ini cara pertama yang saya gunakan. Untuk menggunakannya, tidak boleh sembarangan. Karena, bisa-bisa blog anda bisa terabaikan oleh mesin telusur. Fitur ini berfungsi agar bisa meminimalisir duplikat konten illegal, dan dengan fitur ini, halaman label dalam blog kita tidak akan bisa ditelusur oleh search engine. Karena, halaman label inilah yang bisa memicu adanya duplikat konten. Dengan fitur inilah, blog kita juga dapat cepat terindex oleh search engine. Cara menggunakannya.

1. Masuk ke dashboard Blogger sobat
2. Pilih Setelan dan pilih lagi Prefensi Penelusuran

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Duplikat Konten

3. Masukkan kode  di bawah ini di bagian Perayap dan Pengindeksan. Simpan kodenya di bagian Robots txt khusus. Kodenya seperti ini.

 User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://silumanpisces.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED 

Jangan lupa ubah url blog-nya.

2. Menggunakan Fitur Tag tajuk Robot Khusus


Fungsinya hampir sama, agar halaman postingan kita cepat terindex oleh search engine. Dua fitur ini tidak boleh dipisahkan, dan saling berkaitan. Langkah-langkahnya

1. Di bawah Robots txt. khusus tadi, ada tag tajuk robot khusus. Nah, klik 'edit'. Dan klik 'Ya' untuk mengaktifkan fitur tersebut. Dan sesuaikan ceklist-ceklist-nya seperti gambar di bawah.

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Duplikat Konten

3. Mempersingkat Isi Postingan di Feedburner Kita


Langkah yang terakhir ini digunakan bagi yang sudah mempunyai ID feedburner. Jika belum, silahkan mendaftar terlebih dahulu DISINI. Jika sudah, langsung saja prakteknya.

1. Masuk ke Setelan, 
2. Lalu, pilih Lainnya. Di bagian Umpan Situs, ubah 'Penuh' menjadi 'Singkat' pada Izinkan Umpan Blog.

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Duplikat Konten

Sehingga, postingan-postingan kita yang tersimpan di feedburner kita akan ditampilkan sebagian saja. Bagi pembaca berlangganan yang ingin membaca sepenuhnya ya harus membuka blog kita. Hal ini memang kurang efektif. Tapi, bisa menghindari terjadinya duplikat konten illegal. Kurang lebih, gambarnya seperti ini.

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Duplikat Konten


3. Setelah pengaturan sudah selesai, jangan lupa untuk Simpan Setelan.

Nah, itulah tiga cara yang masih saya terapkan di blog saya ini. Mungkin, jika sobat yang punya cara lain yang mungkin juga ampuh bisa sharing dengan berkomentar di bawah. 
Enter your email address to get update from Fathoni16.
Print PDF

8 komentar Tambahkan komentar

Maksud mempersingkat postingan itu, gmana gan???

Balas

sobat bisa lihat gambar yang terakhir. yang tadinya bacaannya full di feedburner, menjadi sebagian bacaan saja

Balas

Keren gan.. :D
Ane bookmark untuk dicoba besok..

Balas

makasih kunjungannya sob

Balas

Info yang berguna buat saya yang belajar ngeblog...
terima kasih....

Balas

Dilarang menyertakan link aktif, iklan, ataupun titip link dalam berkomentar di Blog Fathoni16. Silahkan berkomentar tanpa ada kata-kata kotor.

Konversi KodeEmoticon