Dibalik Keunikan Crop Circle Ternyata Menyimpan Misteri

Dibalik Keunikan Crop Circle Ternyata Menyimpan Misteri - Keunikan dan kerumitan bentuk crop circle yang berbentuk lingkaran sederhana hingga bentuk flora dan fauna ternyata menyimpan misteri. Salah satu teori menunjukkan bahwa si pembuatnya adalah makhluk yang cerdas. Siapakah orang itu?

Dibalik Keunikan Crop Circle Ternyata Menyimpan Misteri

Crop circle pertama kali muncul di Inggris pada 1647. Sejak saat itu, pembentukan crop circle tersebut masih menjadi misteri yang belum terpecahkan selama hampir 350 tahun. Ia merupakan suatu bentuk lingkaran atau bentuk-bentuk lain seperti geometri yang pada umumnya berukuran cukup besar dan biasanya terbentuk di ladang pertanian.

Pada perkembangan selanjutnya, fenomena tersebut sering pula ditemukan di banyak negara, seperti Inggris, Amerika, Jepang dan Australia. Bentuknya pun beragam, dari lingkaran sederhana hingga bentuk bidang yang sangat rumit. Bahkan di antaranya berbentuk flora dan fauna yang unik. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa si pembuatnya adalag makhluk yang cerdas.

Menurut beberapa teori, setidaknya ada lima penyebab terjadinya crop circle. 

Pertamacrop circle dibuat oleh manusia, meskipun sebenarnya hal ini sulit dipercaya. Di Inggris, ada seseorang yang mengaku pernah membuat crop circle. Namun, pengakuan tersebut diragukan. Sebab, tidak mungkin seseorang mampu membuat gambat bidang lingkaran hanya dalam waktu satu malam tanpa alat bantu yang memadai. Lalu, kalau memang manusia yang membuatnya, apa tujuan sebenarnya membuat crop circle?

Keduacrop circle disebabkan medan dan magnet. Seorang ahli  di Amerika , melakukan penelitian terhadap 130 lebih lingkaran di ladang gandum. Hasilnya, 90 persen di sekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel bertegangan tinggi. Jadi, setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan, akan menghasilkan energi magnet listrik sehingga mempu merobohkan gandum dan membentuk bidang-bidang aneh tersebut. Akan tetapi, teori tersebut pun masih belum dapat dipertanggungjawabkan. Sebab, masih banyak pertanyaan-pertanyaan seputar crop circle yang belum terjawab. Bagaimana beragam bentuk itu terjadi? Mungkinkah sebuah energi listrik dapat membentuk bunga atau kalajengking? Semua ini masih manjadi tanda tanya. 

Ketigacrop circle disebabkan karena angin tornado. Menurut Dr. Delon Smith (fisikawan dari Univeristas Michigan, AS), angin tornado merupakan penyebab utama yang membentuk lingkaran aneh tersebut. Melalui risetnya, ia mendapati bahwa sejumlah besar lingkaran aneh di ladang gandum muncul di sisi gunung atau daerah yang berjarak 60-70 km dari gunung. Sedangkan, tempat seperti ini merupakan tempat yang mudah sekali membentuk angin tornado. Namun, apakah angin tornado dapat membentuk lingkaran dengan ketelitian tertentu tersebut?

Keempat, pembuat crop circle adalah makhluk luar angkasa atau alien. Banyak yang meyakini bahwa sebagian besar lingkaran aneh yang terbentuk dalam waktu satu malam tersebut kemungkinan besar adalah hasil karya makhluk luar angkasa. Indikasinya, pada tahun 1990 fotografer Alexander mengatakan bahwa ia pernah melihat cahaya yang ganjil di ladang gandum. Cahaya tersebut melayang-layang di udara di antara kedua lingkaran aneh. Lalu, keberadaan alien di perut bebek liar di San Fransisco (Amerika Serikat) semakin memperkuat dugaan ini.

Kelimacrop circle disebabkan oleh heterodoxy (pandangan sumbang). Sejumlah orang percaya bahwa dibalik lingkaran ladang gandum terdapat berbagai macam kekuatan gaib, mirip Segitiga Bermuda. Menurut dugaan, ada yang menyebut lingkaran aneh tersebut sebagai pertanda akan terjadinya bencana. 

Jadi, manakah yang benar? Jika, teori rasional tidak dapat menjawab penyebab fenomena alam tersebut, mungkinkah makhluk gaib berperan menciptakannya? Sepertinya, terbentuknya crop circle akan tetap menjadi misteri hingga menunggu para ilmuwan untuk menyingkapnya lebih lanjut.

Enter your email address to get update from Fathoni16.
Print PDF

2 komentar Tambahkan komentar

pertamax ga hehe

tapi infonya menarik juga ya..

Balas

iya bung...makasih atas kunjungannya

Balas

Dilarang menyertakan link aktif, iklan, ataupun titip link dalam berkomentar di Blog Fathoni16. Silahkan berkomentar tanpa ada kata-kata kotor.

Konversi KodeEmoticon